Pendidikan moral pada anak usia dini merupakan fondasi penting dalam membentuk karakter individudi masa depan, di mana peran komunikasi edukatif guru menjadi kunci keberhasilan penanaman nilainilai kebajikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis praktik komunikasiedukatif yang dilakukan guru dalam menanamkan nilai-nilai moral pada anak usia dini di RA AlHidayah Kota Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desainstudi kasus, melibatkan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancaramendalam, dan studi dokumentasi, dengan analisis data menggunakan model Miles, Huberman, danSaldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi komunikasi edukatif yangberagam meliputi metode bercerita, keteladanan, penggunaan bahasa sesuai perkembangan anak, sertaintegrasi komunikasi verbal dan non-verbal. Penanaman nilai moral dilakukan melalui pembiasaanrutinitas harian, pemanfaatan teachable moments, dan pengintegrasian nilai-nilai Islami dalam seluruhaktivitas pembelajaran. Tantangan inkonsistensi antara pendidikan di sekolah dan rumah diatasimelalui kolaborasi intensif dengan orang tua. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatankompetensi komunikasi edukatif guru melalui pelatihan berkelanjutan, pengembangan modulpembelajaran nilai moral berbasis kearifan lokal dan nilai Islam, serta peningkatan sinergi sekolahkeluarga dalam menciptakan ekosistem pendidikan moral yang konsisten dan holistik bagiperkembangan karakter anak usia dini.
Copyrights © 2023