Teknologi dapat digunakan manusia sebagai alat untuk berkomunikasi. Salah satu media yang sudah dikenal oleh masyrarakat adalah media sosial YouTube. Penelitian ini bertujuan untuk mnegetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan media sosial YouTube dan dampak penggunaan media sosial YouTube terhadap perilaku sosial siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang mendalam dengan siswa SD yang aktif menggunakan YouTube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial YouTube digunakan oleh siswa sebagai sarana hiburan untuk menghilangkan kebosanan. Perilaku siswa yang teramati meliputi kerjasama dengan teman, simpati dengan menolong teman, namun siswa juga sering membantah dan tidak mendengarkan nasihat guru. Meskipun ada beberapa perilaku positif seperti rasa simpati dan kerjasama, dampak negatif lebih dominan terlihat seperti siswa yang membangkang dengan membantah guru, bersaing untuk mendapatkan juara kelas, bahkan tingkah laku berkuasa. Jadi, YouTube berpengaruh terhadapat perilaku sosial siswa baik dari segi perilaku positif maupun perilaku negatif.
Copyrights © 2024