Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 5 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Dampak Durasi Akses YouTube terhadap Perilaku Sosial Siswa SD

Istiqomah, Putri (Unknown)
Ermawati, Diana (Unknown)
Purbasari, Imaniar (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2024

Abstract

Teknologi dapat digunakan manusia sebagai alat untuk berkomunikasi. Salah satu media yang sudah dikenal oleh masyrarakat adalah media sosial YouTube. Penelitian ini bertujuan untuk mnegetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan media sosial YouTube dan dampak penggunaan media sosial YouTube terhadap perilaku sosial siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang mendalam dengan siswa SD yang aktif menggunakan YouTube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial YouTube digunakan oleh siswa sebagai sarana hiburan untuk menghilangkan kebosanan. Perilaku siswa yang teramati meliputi kerjasama dengan teman, simpati dengan menolong teman, namun siswa juga sering membantah dan tidak mendengarkan nasihat guru. Meskipun ada beberapa perilaku positif seperti rasa simpati dan kerjasama, dampak negatif lebih dominan terlihat seperti siswa yang membangkang dengan membantah guru, bersaing untuk mendapatkan juara kelas, bahkan tingkah laku berkuasa. Jadi, YouTube berpengaruh terhadapat perilaku sosial siswa baik dari segi perilaku positif maupun perilaku negatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...