Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality berbantuan Unity 3D materi bangun ruang sisi datar yaitu kubus dan balok kelas V SDN 11 Rantau Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implemantation, dan Evaluation. Tahapan Analysis yaitu analisis kebutuhan, analisis peserta didik, dan analisis materi. Tahapan Design yaitu mendesain media menggunakan aplikasi Unity 3D. Tahapan Development yaitu mengembangkan media dan melakukan validasi kepada validator materi dan media. Tahapan Implementation yaitu melakukan uji coba media untuk mendapatkan nilai kepraktisan dan keefektifan media. Tahapan Evaluation yaitu melakukan uji media dalam kegiatan pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, dan tes. Hasil dari penilaian validator media, materi, dan praktikalitas diperoleh 89%, 92%, dan 94% dengan kualifikasi sangat layak dan sangat praktis. Berdasarkan perhitungan ketuntasan kelas diperoleh persentase keefektifan media pembelajaran yaitu sebesar 85% dan keefektifan media berdasarkan perhitungan N Gain diperoleh 66% dikategorikan efektif. Disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran Matematika berbasis Augmented Reality berbantuan Unity 3D layak, praktis, dan efektif untuk digunakan.
Copyrights © 2024