Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 5 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Nilai Perusahaan Dari 9 Perusahaan Food And Beverage Terbesar Di Indonesia

Muharni, Muharni (Unknown)
Aminah, Aminah (Unknown)
Gemini, Pra (Unknown)
Abdullah, Abdullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2024

Abstract

Yang melatar belakangi penelitian ini yaitu dimana permasalahan yang terjadi di perusahaan Food and Beverage adalah profitabilitas mengalami penurunan dan nilai perusahaan mengalami kenaikan, sedangkan yang seharusnya profitabilitas mengalami kenaikan dan nilai perusahaan ikut naik sesuai dengan teori yang ada. Dengan adanya fenomena ini maka peneliti tertarik meneliti lebih jauh tentang nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif, dengan populasi berjumlah 84 perusahaan dengan teknik purposive sampling menggunakan lima kriteria sehingga diperoleh sampel 9 perusahaan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa dari ketiga variabel yang digunakan yang memiliki pengaruh yaitu profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai 0,0000 dan setelah di uji secara simultan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan melalui pertumbuhan laba dengan nilai 0,0000.Dari hasil penelitian penulis menarik sebuah kesimpulan yaitu PBV dengan profitabilitas yang tinggi dapat meningkatkan nilai perusahaan atau profitabilitas menjadi penentu sebuah nilai perusahaan. Kata kunci: : NPM, ROA, ROE, Company Value, Pertumbuhan Laba

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...