Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 5 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Media Game Interaktif Wordwall Pada Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar

Muflikha, Rovi Rohmawati (Unknown)
Pulungan, Marwan (Unknown)
Oktariani, Anita Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar. Banyak siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar minimal, sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui media game interaktif wordwall pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV Sekolah Dasar melalui penggunaan media game interaktif Wordwall. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari tiga siklus, yaitu siklus I, II, dan III, dengan melibatkan 28 siswa sebagai subjek penelitian. Data yang dikumpulkan berupa hasil latihan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan game interaktif Wordwall secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar terlihat pada setiap siklus, dengan peningkatan sebesar 25% pada siklus I, 7,14% pada siklus II, dan 46,43% pada siklus III, sehingga pada siklus terakhir tingkat ketuntasan belajar mencapai 89,28%, melebihi target minimal 80%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...