Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan menganalisis bagaimana interaksi sosial dalam pembelajaran kolaboratif mempengaruhi prestasi akademik siswa, dengan fokus pada penilaian dampak interaksi kelompok terhadap pemahaman materi, efektivitas dibandingkan dengan pembelajaran individual, pengembangan keterampilan sosial penting, serta identifikasi tantangan dan penyusunan rekomendasi untuk praktik pendidikan yang lebih efektif. Jenis penelitian ini adalah Studi literatur. Studi literatur adalah jenis penelitian yang berfokus pada peninjauan, analisis, dan sintesis literatur yang telah dipublikasikan mengenai topik tertentu. Hasil penelitian mengenai pengaruh interaksi sosial terhadap prestasi akademik dalam konteks pembelajaran kolaboratif menunjukkan dampak yang signifikan dan bermanfaat. Penelitian ini mengungkap bahwa interaksi sosial dalam kelompok meningkatkan pemahaman materi dan hasil akademik siswa melalui proses diskusi, bantuan timbal balik, dan penyelesaian masalah bersama. Diskusi aktif dalam kelompok memungkinkan siswa untuk berbagi ide dan memperjelas pemahaman, sedangkan kolaborasi dalam menyelesaikan tugas mengintegrasikan pengetahuan dari semua anggota kelompok, memperbaiki keterampilan problem-solving, dan meningkatkan hasil akademik. Selain itu, pembelajaran kolaboratif juga berkontribusi pada pengembangan keterampilan sosial seperti komunikasi, kerja sama, dan kepemimpinan. Meskipun ada tantangan seperti ketidakmerataan kontribusi, pembelajaran kolaboratif secara keseluruhan menawarkan keuntungan besar bagi peningkatan prestasi akademik dan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini menekankan perlunya pendekatan yang mendukung kolaborasi sebagai strategi efektif untuk hasil belajar yang lebih baik
Copyrights © 2024