Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 5 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Efektifitas Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningatkan Partisipasi Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X.5 di SMA Negeri 13 Medan

Sartika, Yuti (Unknown)
Kesuma, Sapta (Unknown)
Muslim, Yusnita (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2024

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif untuk mengetahui bagaimana model Projek Based Learning (PJBL) dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam mata pelajaran PPKn. Subjek penelitian yaitu 35 siswa kelas X.5. Studi ini dilakukan selama semester ganjil dari Juli hingga Agustus 2024, dengan dua siklus pembelajaran. Hasil penelitian membuktikan bahwa partisipasi siswa siklus I rata-rata sebesar 61% dan 67% pada pertemuan I, dan partisipasi siswa siklus II rata-rata sebesar 79% dan 81% pada pertemuan kedua, sehingga hasil siklus II dikategorikan sangat baik. Persentase partisipasi belajar siswa pada siklus II lebih meningkat daripada siklus I setelah refleksi terhadap siklus I.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...