Berdasarkan hasil pengamatan terlihat kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun masih tergolong rendah, sehingga diperlukannya media yang diberi nama mibepo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa media mibepo di TK Al-Azhar Syifa Budi Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen murni yaitu prettest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak TK Al-Azhar Syifa Budi Pekanbaru usia 5-6 tahun yaitu B1 yang berjumlah 20 orang anak dan B2 berjumlah 20 orang anak. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu data primer melalui observasi, analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan SPSS windows V.25.0. Hasil Penelitian menunjukan ada peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan dilihat dari skor perolehan rata-rata sebelum perlakuan dan sesudah perlakukan, hasil analisis data t_hitung 16.513 lebih besar t_(tabel )1.729 Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media mibepo berpengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak uisa 5-6 tahun di TK Al-Azhar Syifa Budi Pekanbaru.
Copyrights © 2023