Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 5 No. 1 (2025): Innovative: Journal Of Social Science Research

Penerapan Media Teka-Teki Silang Berbasis Barcode pada Materi Teks Laporan Hasil Observasi (LHO) untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Kelas X MA Darul Ulum Ngabar

Ulva, Iliya (Unknown)
Istianah, Uut (Unknown)
Afkar, Taswirul (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengukur efektivitas media teka-teki silang berbasis barcode dalam meningkatkan semangat belajar siswa pada materi Teks Laporan Hasil Observasi (LHO). Media ini dirancang untuk menciptakan pembelajaran interaktif dengan teknologi QR code. Penelitian dilakukan di kelas X-B MA Darul Ulum Ngabar menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Hasilnya, 80% siswa mencapai skor maksimal (100 poin) dan memahami materi dengan baik, sementara 20% siswa memperoleh skor sedang (60–80 poin). Wawancara menunjukkan bahwa siswa lebih antusias karena media ini menggabungkan permainan dan teknologi, menciptakan suasana belajar yang menarik. Guru menyatakan media ini meningkatkan partisipasi siswa. Kesimpulannya, teka-teki silang berbasis barcode efektif dan inovatif untuk meningkatkan motivasi serta keterlibatan siswa, memberikan kontribusi terhadap strategi pembelajaran berbasis teknologi yang relevan dengan pendidikan abad ke-21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...