Penelitian ini bertujuan mengukur efektivitas media teka-teki silang berbasis barcode dalam meningkatkan semangat belajar siswa pada materi Teks Laporan Hasil Observasi (LHO). Media ini dirancang untuk menciptakan pembelajaran interaktif dengan teknologi QR code. Penelitian dilakukan di kelas X-B MA Darul Ulum Ngabar menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Hasilnya, 80% siswa mencapai skor maksimal (100 poin) dan memahami materi dengan baik, sementara 20% siswa memperoleh skor sedang (60–80 poin). Wawancara menunjukkan bahwa siswa lebih antusias karena media ini menggabungkan permainan dan teknologi, menciptakan suasana belajar yang menarik. Guru menyatakan media ini meningkatkan partisipasi siswa. Kesimpulannya, teka-teki silang berbasis barcode efektif dan inovatif untuk meningkatkan motivasi serta keterlibatan siswa, memberikan kontribusi terhadap strategi pembelajaran berbasis teknologi yang relevan dengan pendidikan abad ke-21.
Copyrights © 2025