Penggunaan teknologi dalam dunia hiburan telah berkembang pesat, termasuk penerapan gamifikasi dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi edukasi berbasis Role-Playing Game (RPG) dengan mekanik turn-based untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi enam tahap: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Aplikasi ini menggunakan atribut pada karakter yang disesuaikan dengan mata Pelajaran tertentu seperti Health Point (HP) pada biologi, Attack (ATK) pada matematika, Mana Point (MP) pada kimia, Defence (Def) pada Bahasa Indonesia, Crit Rate pada Matematika Peminatan, dan Critical Damage (Crit DMG) pada fisika. Siswa dapat menyelesaikan 5 level utama ditambah dengan level tambahan Level EX). Aplikasi dirancang berbasis website menggunakan JavaScript, HTML, dan CSS dengan fitur utama seperti atribut karakter, latihan soal berbasis soal UTBK, dan pertempuran melawan mob. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gamifikasi latihan soal dengan genre RPG dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Pengujian pada 10 siswa selama 15 hari dimulai dari tanggal 22 Oktober 2024 sampai 5 November 2024 menunjukkan bahwa 9 dari 10 siswa merasa termotivasi untuk berlatih soal dengan menggunakan aplikasi game, dengan 5 siswa mencapai level tertinggi (Level EX). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan gamifikasi berbasis RPG mampu menciptakan pengalaman belajar yang interaktif, menyenangkan, serta membantu siswa meningkatkan motivasi belajar secara mandiri.
Copyrights © 2025