Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 5 No. 2 (2025): Innovative: Journal Of Social Science Research

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Powtoon untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas III di SDN Kebonsari Kulon 1

Suharwati, Zulkha (Unknown)
Wardana, Ludfi Arya (Unknown)
Hattarina, Shofia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa kelas III berbantuan media Powtoon di SDN Kebonsari Kulon 1 Kota Probolinggo. Pada mata pelajaran IPA. Bab 2 Ayo Mengenal Siklus pada Makhluk Hidup, Topik C Metamorfosis Perubahan Bentuk Makhluk Hidup. Metode yang dipilih yaitu penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian yang didapatkan adalah jumlah siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar mengalami penurunan pada tiap siklusnya. Terdapat pula peningkaan pemahaman konsep IPA siswa yang signifikan, dibuktikan pada siklus 1, nilai rata-rata yaitu 71 terdapat 15 siswa yang tuntas dengan persentase 58%, sedangkan pada siklus 2 nilai rata-rata yaitu 80 jumlahnya meningkat menjadi 22 siswa dengan persentase 84%. Secara keseluruhan, pemahaman konsep siswa meningkat sebesar 26% dari siklus 1 menuju siklus 2. Oleh sebab itu terbuki penggunaan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media Powtoon dapat meningkatkan pemahaman konsep pada siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...