Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 5 No. 3 (2025): Innovative: Journal Of Social Science Research

Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Di Kelas XI ULP SMKN 1 Pekanbaru

Arianto, Jumili (Unknown)
Aganmar, Merry (Unknown)
Pratakumbayan, Anggara (Unknown)
Maharani, Ayu (Unknown)
Manullang, Delima Afrilia (Unknown)
Az-Zakiy, Maulana (Unknown)
Santrilia, Syifa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui penerapan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Quizizz. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus di kelas XI ULP SMKN 1 Pekanbaru. Setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari kategori rendah pada pre-test menjadi kategori sedang pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi kategori tinggi pada siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif Quizizz mampu meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...