Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 5 No. 3 (2025): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Kooperatif Learning Type Scramble Berbantuan Card Terhadap Hasil Belajar Matematika di SD Negeri 35 Palembang

Agustin, Ega (Unknown)
Jumroh, Jumroh (Unknown)
Noviati, Noviati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kooperatif learning type scramble berbantuan card terhadap hasil belajar matematika di sd negeri 35 palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu True Exsperimen Design. Dengan bentuk desain Pretest-Posttest Control Group Design.Sampel dalam penelitian ini siswa kelas 5B dan 5A yang berjumlah 48 siswa, diambil teknik Simple Random Sampling. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan oleh peneliti ini dengan menggunakan Uji-t dua sampel bebas (Independent sample t-test) diperoleh hasil thitung yaitu 8,503 dan nilai ttabel = 1,679 dengan a = 0,05 dan df= 46, maka thitung ≥ ttabel sehingga Ho ditolak. Dari data uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh dalam kooperatif learning type scramble berbantuan card terhadap hasil belajar matematika di sd negeri 35 palembang Kata Kunci: Kooperatif Type Scramble, Media Card, Hasil Belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...