Indikasi masalah dalam penelitian ini adalah kemerosotan moral dan karakter generasi muda yang semakin memprihatinkan di era modern. Banyaknya tindakan kriminal, ketidakadilan, dan krisis identitas menunjukkan pentingnya pendidikan karakter dalam membentuk individu yang memiliki integritas dan tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep pendidikan Islam menurut Muhammad Iqbal dan relevansinya dalam proses pembentukan karakter peserta didik. Dengan menggali pandangan Iqbal tentang pendidikan dan pengembangan karakter, diharapkan dapat ditemukan solusi yang dapat diterapkan dalam dunia pendidikan untuk memperbaiki moral dan akhlak generasi muda. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Sumber data diperoleh dari karya-karya Muhammad Iqbal serta literatur terkait yang membahas pendidikan karakter. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan Iqbal yang menekankan pengembangan ego (kepribadian) sangat relevan dalam pembentukan karakter peserta didik. Pendidikan yang menggabungkan aspek intelektual dan spiritual dapat memperkuat karakter individu, membentuk manusia yang bertanggung jawab, dan memiliki integritas. Penerapan konsep ini dalam pendidikan diharapkan dapat menjadi solusi untuk krisis moral di kalangan generasi muda.
Copyrights © 2025