Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 2 No. 2 (2022): EduTIK : April 2022

Model Pembelajaran Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa SMK

Luwunaung, Luwsi Nilam (Unknown)
Sumual, Herry (Unknown)
Palilingan, Verry Ronny (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2022

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode pemelajaran erasis instruksi untuk meningkatkan hasil elajar pemrograman dasar siswa kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Naha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (CAR-Classroom Action Research) .Pembelajaran Tutorial menggunakan aplikasi Adobe Flash Professional CS6 dan diperoleh hasil belajar siswa pada Siklus I 65,62% dikategorikan Baik dan pada Siklus II 87,5% dikategorikan Sangat Baik. Hal ini membuktikan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis instruksi untuk meningkatkan hasil belajar pemrograman dasar untuk Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah Naha.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Electrical & Electronics Engineering Other

Description

Jurnal Edutik merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado. Jurnal ini hadir sebagai wadah bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkontribusi dalam ...