Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 4 No. 1 (2024): EduTIK : Februari 2024

Penggunaan Aplikasi LW-Learning Berbasis PHP Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IX MTsS PUI Kancana

Iping, Iping (Unknown)
Mahpudin, Asep (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk Membuktikan dampak penggunaan aplikasi lw-learning berbasis PHP terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas IX bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) materi makna alinea pembukaan UUD tahun 1945 pada MTsS PUI Kancana. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas, Melalui penelitian tindakan kelas, diharapkan dapat memperbaiki kondisi di mana praktik pembelajaran sebelumnya dapat mencapai tujuan yaitu meningkatkan hasil belajar siswa. Pelaksanaan dalam kegiatan ini dilakukan dalam dua siklus. Dari penelitian dihasilkan, bahwa penggunaan aplikasi lw-learning berbasis PHP di kelas XI MTs PUI Kancana pada Tahun Pelajaran 2023/2024 telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) materi makna alinea pembukaan UUD tahun 1945 dengan prosentase perolehan ketuntasan pada siklus I sebesar 36% pada siklus II menjadi 100% dan diikuti dengan meningkatnya tingkat minat belajar siswa pada siklus I yaitu ranah perhatian siswa 64%, keterlibatan siswa 66%, rasa senang 72% dan ketertarikan siswa 66% , pada siklus II ranah perhatian siswa 94%, keterlibatan siswa 91%, rasa senang 90% dan ketertarikan siswa 93%. ABSTRACT This research aims to prove the impact of using the PHP-based lw-learning application on improving the learning outcomes of class IX students in the Citizenship Education (PKn) study area regarding the meaning of the opening paragraph of the 1945 Constitution at MTsS PUI Kancana. The research method used is classroom action research. Through classroom action research, it is hoped that it can improve conditions in which previous learning practices can achieve the goal of improving student learning outcomes. Implementation of this activity was carried out in two cycles. From the research, it was found that the use of the PHP-based lw-learning application in class cycle I was 36% in cycle II to 100% which was followed by an increase in the level of student interest in learning in cycle I, namely in the domain of student attention 64%, involvement in learning 66%, enjoyment 72% and interest in learning 66%, in cycle II the domain student attention 94%, involvement in learning 91%, enjoyment 90% and interest in learning 93%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Electrical & Electronics Engineering Other

Description

Jurnal Edutik merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado. Jurnal ini hadir sebagai wadah bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkontribusi dalam ...