Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 4 No. 6 (2024): EduTIK : Desember 2024

Analisis Penjaminan Mutu di SMK Negeri 1 Tombariri

Sondey, Lianda (Unknown)
Manggopa, Hizkia Kamang (Unknown)
Oroh, Rolly (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menganalisis penerapan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) di tingkat pendidikan dasar dan menengah, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan di daerah dengan akses terbatas. Penelitian ini juga mengeksplorasi pengaruh faktor sosial ekonomi dan lingkungan keluarga terhadap pembelajaran, serta evaluasi dampak prinsip sekolah efektif terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan studi kasus di beberapa sekolah di daerah terbatas. Hasil menunjukkan bahwa meskipun SPMP, baik SPMI maupun SPME, telah diterapkan, masih ada ketimpangan implementasi, terutama di daerah kurang berkembang. Faktor sosial ekonomi dan lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap kualitas pembelajaran. Penerapan prinsip sekolah efektif meningkatkan mutu pendidikan, namun terbatas oleh sumber daya dan pemahaman yang belum merata. Integrasi pendidikan karakter dalam kurikulum menunjukkan dampak positif terhadap kepribadian siswa. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan bagi pendidik, penyediaan fasilitas yang memadai, dan pemerataan implementasi kebijakan mutu pendidikan di seluruh daerah untuk mencapai kualitas pendidikan yang lebih baik. ABSTRACT This study analyzes the implementation of the Education Quality Assurance System (SPMP) at the primary and secondary education levels, as well as factors affecting educational quality in areas with limited access. It also explores the impact of socio-economic factors and family environment on the learning process and evaluates the effect of effective school principles on student learning outcomes. A descriptive qualitative approach with case studies in schools in underdeveloped areas was used. The results show that although the SPMP, including both Internal and External Quality Assurance Systems (SPMI and SPME), has been implemented, there are still disparities, particularly in less developed regions. Socio-economic and family environmental factors significantly affect learning quality. The implementation of effective school principles improves educational quality but is hindered by limited resources and uneven understanding. The integration of character education in the curriculum positively influences students' personality development. This study recommends enhancing teacher training, providing adequate facilities, and ensuring the equitable implementation of quality assurance policies across regions to improve education quality.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Electrical & Electronics Engineering Other

Description

Jurnal Edutik merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado. Jurnal ini hadir sebagai wadah bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkontribusi dalam ...