Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 5 No. 3 (2025): EduTIK : Juni 2025

Penerapan Pendekatan Ekspositoris dan Partisipatoris dalam Penyutradaraan Film Dokumenter “Belongings Through Lines”

Ismawan, Khalda Luqyana (Unknown)
Wirakusumah, Teddy Kurnia (Unknown)
Risanti, Yuliani Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

ABSTRAK  Film dokumenter memiliki peran penting dalam menyampaikan realitas sosial dan membangun keterlibatan emosional antara pembuat film dan subjek. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses penyutradaraan film dokumenter Belongings Through Lines dengan menggabungkan pendekatan ekspositoris dan partisipatoris. Pendekatan ekspositoris digunakan untuk menyusun narasi informatif melalui wawancara, sedangkan pendekatan partisipatoris menekankan keterlibatan aktif pembuat film dalam kehidupan subjek. Penelitian ini menggunakan metode penciptaan (practice-led research) dengan tahapan pra-produksi, produksi, dan pascaproduksi. Hasil menunjukkan bahwa kombinasi kedua pendekatan menghasilkan dokumenter yang tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga menghadirkan pengalaman reflektif terhadap ruang dan memori. Dokumenter ini menempatkan ruang, benda, dan komunitas sebagai bagian penting dari konstruksi narasi visual yang sekaligus berfungsi sebagai arsip sosial budaya. Temuan ini menunjukkan bahwa penyutradaraan dokumenter dapat menjadi praktik kreatif yang bersandar pada teori namun fleksibel terhadap dinamika lapangan.  ABSTRACT  Documentary films play a crucial role in conveying social realities and fostering emotional engagement between filmmakers and subjects. This study aims to explain the directing process of the documentary film Belongings Through Lines by combining expository and participatory approaches. The expository mode is used to structure informative narration through interviews, while the participatory mode emphasizes the active involvement of the filmmaker in the subject’s environment. This research applies a practice-led method involving pre-production, production, and post-production stages. The results show that the combination of both approaches leads to a documentary that not only delivers information but also offers a reflective experience of space and memory. The documentary positions space, objects, and community as integral elements of the visual narrative that also serve as a form of socio-cultural archiving. These findings demonstrate that directing documentaries can be a creative practice grounded in theory but adaptable to production dynamics

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Electrical & Electronics Engineering Other

Description

Jurnal Edutik merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado. Jurnal ini hadir sebagai wadah bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkontribusi dalam ...