Pelatihan podcast di SMAN 4 Bandar Lampung bertujuan memberdayakan siswa melalui media edukatif, mengembangkan keterampilan kreatif, dan membangun citra positif sekolah. Metode yang digunakan adalah kombinasi dari Participatory Action Research (PAR) dan Project-Based Learning (PBL). Metode PAR melibatkan siswa, guru, dan pihak sekolah secara aktif, sedangkan metode PBL mengajak siswa mengerjakan proyek nyata untuk menghasilkan produk atau solusi. Hasil kegiatan ini menunjukkan peningkatan dalam pengetahuan setelah sosialisasi dan keterampilan teknis dan non-teknis siswa, seperti kolaborasi, komunikasi, dan berpikir kritis. Program ini berhasil memberdayakan siswa menjadi kreator konten yang kreatif dan komunikatif, dibuktikan dengan peningkatan pemahaman dari 62,0% (pre-test) menjadi 82,0% (post-test). Antusiasme siswa yang tinggi selama praktik menunjukkan bahwa podcast efektif sebagai media edukasi yang menyenangkan. Selain itu, program ini berhasil menjadi alat branding positif bagi sekolah dengan memproduksi konten edukatif yang melibatkan ekosistem sekolah, sehingga SMAN 4 Bandar Lampung akan mampu menampilkan diri sebagai institusi yang modern dan progresif, yang mendorong inovasi dan kreativitas.
Copyrights © 2025