Magna: Journal of Aconomics, Management, and Business
Vol 4 No 1 (2025): Januari 2025

Pengaruh Viral Marketing, Brand Awarness Dan Kepuasan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Produk Kecantikan Nasa

Arifin, Davit (Unknown)
Efendi, Bahtiar (Unknown)
Purwanto, Heri (Unknown)
Maulana Azka, Muhammad Gilang (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh viral marketing, kesadaran merek, dan kepuasan pelanggan terhadap keputusan pembelian produk kecantikan NASA, dengan studi kasus pada Stockist NASA R.508 Banjarnegara. Metode: Penelitian ini menggunakan angket (kuesioner) sebagai metode pengumpulan data dengan sampel 114 responden yang dipilih melalui metode accidental sampling. Responden merupakan pelanggan yang telah melakukan pembelian minimal tiga kali di Stockist NASA R.508 Banjarnegara. Data yang digunakan adalah data primer, dengan analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil: Penelitian ini menjelaskan bahwa viral marketing, kesadaran merek, dan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kecantikan NASA.. Viral marketing berkontribusi dalam menyebarkan informasi produk secara luas dan cepat melalui media sosial. Brand awareness membantu meningkatkan kepercayaan dan daya tarik pelanggan terhadap produk. Sementara itu, kepuasan pelanggan memperkuat loyalitas dan mendorong keputusan pembelian ulang. Keterbatasan: Keterbatasan mengandalkan pengumpulan data melalui kuesioner, sehingga terdapat kemungkinan responden memberikan jawaban yang sangat kurang dengan kondisi yang sebenarnya. Selain itu, cakupan penelitian terbatas pada pelanggan Stockist NASA R.508 Banjarnegara, sehingga hasilnya mungkin tidak dapat digeneralisasi ke semua pelanggan produk kecantikan NASA. Implikasi: Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi Stockist NASA R.508 Banjarnegara dalam meningkatkan efektivitas strategi pemasaran, terutama melalui pemanfaatan viral marketing, penguatan brand awareness, dan peningkatan kepuasan pelanggan untuk mendorong keputusan pembelian. Selain itu, penelitian ini dapat menjadi referensi bagi bisnis serupa dalam merancang strategi promosi yang lebih efektif menggunakan platform digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

magna

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Economics, Management, and Business is a journal covering economics, management and business. Journal of Economics, Management, and Business was published for the first time in July 2022. Journal of Economics, Management, and Business is published twice a year, namely in January and ...