Muta'allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 4 No 2 (2025): Muta'allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam

HARMONI QUR’ANI: Transformasi Spiritual Melalui Rutinitas Juz ‘Amma Di Mts Muhammadiyah Watulimo

Sa'adah, Dwi Rohmatus (Unknown)
Toriyono, Muhammad Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2025

Abstract

This research aims to analyze the design, content, and impact of the habit of reading Juz 'Amma to enhance spiritual intelligence at MTs Muhammadiyah Watulimo. The research method employed is descriptive qualitative research using a qualitative approach that describes social phenomena. The results of this study explain that the habit of reading Juzm 'Amma at MTs Muhammadiyah Watulimo began in 2010, supported by the provision of 30 copies of the Qur'an and loudspeaker facilities at At-Taqwa mosque. The activity is conducted every morning at 07:00, and this habit is followed by other activities including Dhuha prayer and brief religious talks (kultum). The recitation is prioritized from Surah An-Nas to An-Naba' with 12 repetitions per semester. Evaluation is conducted through both test and non-test methods. The results show positive spiritual impacts in the form of increased discipline in worship, responsibility in memorization, respectful attitudes toward teachers, and empathy among students. Thus, it can be concluded that habits implemented by educational institutions regularly and systematically can enhance spiritual intelligence, which will have a positive impact on students' lives, both in the school environment and in society.AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai desain, konten serta dampak dari pembiasaan membaca Juz ‘Amma untuk meningkatkan kecerdasan spiritual di MTs Muhammadiyah Watulimo. Metode penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang mendeskripsikan mengenai fenomena sosial. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pembiasaan membaca Juz ‘Amma di MTs Muhamadiyah Watulimo yang dimulai sejak tahun 2010, yang didukung dengan penyediaan 30 Al-Qur'an dan fasilitas pengeras suara di masjid At-Taqwa. Kegiatan dilaksanakan setiap pagi pukul 07.00, pembiasaan diikuti oleh kegiatan lainnya meliputi sholat dhuha, dan kultum. Bacaan diprioritaskan dari Surah An-Nas hingga An-Naba' dengan pengulangan 12 kali per semester. Evaluasi dilakukan berupa es dan non-tes. Hasil menunjukkan dampak spiritual positif berupa peningkatan kedisiplinan beribadah, tanggung jawab menghafal, sikap hormat kepada guru, dan empati antar siswa. Demikian dapat disimpulkan bahwa pembiasaan yang dilakukan oleh lembaga pendidikan secara teratur dan tersetruktur dapat meningkatkan kecerdasan spiritual sehingga akan memiliki dampak yang baik bagi kehidupan siswa, baik dilingkungan sekolah maupun masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mjpai

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Mutaallim Jurnal Pendidikan Agama Islam adalah sarana komunikasi dan publikasi ilmiah yang berasal dari hasil penelitian di bidang pendidikan agama Islam baik literatur library research maupun lapangan field research dengan berbagai pendekatan Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun di bulan ...