Jumlah mahasiswa Universitas Brawijaya yang tinggi serta ketimpangan akses terhadap kendaraan pribadi menimbulkan tantangan dalam pemenuhan kebutuhan mobilitas dan jasa titip. Salah satu solusi informal yang muncul adalah grup WhatsApp "UB Mager", yang mempertemukan mahasiswa pemilik kendaraan dengan mahasiswa yang membutuhkan jasa antar jemput atau jasa titip. Namun, penyebaran informasi yang tidak terstruktur, spam, dan kesulitan dalam menemukan layanan yang relevan menjadi hambatan utama pada grup ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem layanan web yang dapat mengakomodasi kebutuhan jasa titip dan antar jemput secara lebih terorganisir dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan SDLC prototyping dengan pendekatan rekayasa perangkat lunak berorientasi objek. Tahapan penelitian ini mencakup observasi awal terhadap layanan yang sudah ada, studi literatur, analisis kebutuhan melalui survei dan wawancara, perancangan sistem menggunakan Unified Modeling Language, implementasi dengan framework Laravel dan basis data MySQL, serta pengujian dengan pendekatan white-box, black-box, kompatibilitas, keamanan, dan usabilitas. Hasil implementasi menunjukkan sistem mampu memfasilitasi tiga aktor dalam menggunakan sistem. Hasil pengujian menunjukkan sistem memiliki tingkat keberhasilan 100%, memiliki aksesibilitas lintas platform, dan mempermudah penggunaan sistem. Sistem ini berhasil meningkatkan efisiensi dan kenyamanan dalam pemesanan layanan titip dan antar jemput mahasiswa. Sistem ini menjadi solusi yang lebih terstruktur dibandingkan layanan informal sebelumnya
Copyrights © 2025