Inverted
Vol 5, No 1: Januari 2025

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI KONSEP DAN KEBUTUHAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK

Umar, Brahmantio Putra (Unknown)
Suhada, Sitti (Unknown)
Bouty, Abd Aziz (Unknown)
Hadjaratie, Lillyan (Unknown)
Dai, Roviana H. (Unknown)
Dwinanto, Arif (Unknown)
Mas’ud, Huzaima (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Pada observasi awal ditemukan permasalahan pada proses pembelajaran materi konsep dan kebutuhan sistem berorientasi objek, guru hanya mengandalkan media utama seperti buku cetak sehingga menyampaikan materi kurang efektif dan didapati nilai ulangan harian siswa di bawah dari KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal ). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada materi Konsep dan Kebutuhan Sistem Berorientasi Objek dan mengetahui kelayakan dari media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan Four-D (4D). Terdapat 4 tahapan dalam model pengembangan (Four-D) 4D, yaitu : define (Pendefinisian), design (Perancangan), develop (Pengembangan), dan disseminate (Penyebaran). Hasil Penelitian ini pada uji kelayakan ahli media mendapatkan rata-rata persentase 93,75% dengan kategori sangat layak, dan pada uji kelayakan ahli materi mendapatkan rata-rata persentase 91,66% dengan kategori sangat layak. Selain itu, pada uji respon siswa mendapatkan rata-rata persentase 90,09%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat simpulkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan valid dan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

inverted

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Inverted: Journal of Information Technology Education is published by Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Gorontalo. This journal is published twice a year in January and July. This journal specifically focuses on Education Technology (Education, Multimedia, Gamification, Web, Mobile, ...