Indonesian Journal of Digital Public Relations
Vol 3 No 1 (2024): Agustus

PERAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SALURAN KOMUNIKASI DIGITAL DALAM KEHUMASAN

Zaxrie, Shifa 'Ainun (Unknown)
Rina, Nofha (Unknown)
Thoibah, Sufaira (Unknown)
Saleh, Kanaya Putri Athira (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi peran media sosial sebagai saluran komunikasidigital dalam kegiatan hubungan masyarakat (humas). Kehadiran media sosial telah membuatpola komunikasi bertransformasi dari pola konvensional menjadi berbasis digital. Hal itudisebabkan meningkatnya penggunaan media sosial yang kemudian dapat memengaruhi semuasendi kehidupan masyarakat. Konsep media sosial yang digunakan dalam penelitian ini menjadipeluang besar bagi profesi public relations (PR) dalam menciptakan komunikasi yanginteraktif. Adapun manfaat penelitian adalah untuk memahami komunikasi dua arah dalamhumas yang difasilitasi oleh media sosial sehingga memungkinkan organisasi untuk lebihresponsif terhadap umpan balik dan kebutuhan publik. Penelitian ini menggunakan pendekatanetnografi digital dengan teknik wawancara mendalam dan observasi partisipatif secara digitalkepada para generasi internet di Kabupaten Bandung. Hasil penelitian menemukan kebaruanbagaimana peran humas telah berkembang dengan adanya media sosial sebagai salurankomunikasi digital serta media sosial berperan penting menciptakan pola komunikasi dua arahyang demokratis, interaktif, dan partisipatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IJDPR

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Indonesian Jurnal of Digital Public Relations (IJDPR) adalah jurnal ilmiah yang terbit secara periodik yang bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perpektif, paradigm, dan metodelogi yang fokus pada kajian public relations. Ruang lingkup (scope) dari kajian jurnal ini adalah: Public Relations ...