Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan : 1) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran teams games tournament (TGT) berbasis wordwall terhadap kemampuan literasi matematika siswa, 2) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran TGT berbasis wordwall terhadap motivasi belajar siswa, dan 3) mengetahui perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran TGT berbasis wordwall terhadap peningkatan kemampuan literasi matematika dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan pre-test and post-test with non-equivalent control group design dengan sampel sebanyak 40 siswa kelas XI MAN Insan Cendekia Halmahera Barat yang dipilih secara purposive sampling terdiri dari kelas eksperimen dan Kontrol. Teknik pengumpulan data dengan instrumen: tes kemampuan literasi matematika dan angket motivasi belajar yang dianalisis dengan bantuan SPSS 20 for windows untuk melihat peningkatan dan perbedaan skor N-Gain menggunakan uji-t (paired sample-test). Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat pengaruh model pembelajaran TGT berbasis wordwall terhadap peningkatan kemampuan literasi matematika siswa, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran TGT berbasis wordwall terhadap peningkatan eemotivasi belajar siswa, (3) terdapat perbedaan  pengaruh penerapan model pembelajaran TGT berbasis wordwall terhadap peningkatan kemampuan literasi matematika dan motivasi belajar siswa. Kata kunci : Teams games tournament, kemampuan literasi matematika, motivasi belajar
Copyrights © 2024