Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah
Vol. 10 No. 2 (2025): PUTERI HIJAU: JURNAL PENDIDIKAN SEJARAH

ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEJARAH DALAM PEMBELAJARAN DI SMAN 10 MEDAN

Sitio, Sry Devani (Unknown)
Yusriyyah, Arti (Unknown)
Pardede, Rachel Gracia (Unknown)
Hadeyasa, Dodi (Unknown)
Kabul, Muhammad (Unknown)
Nasution, Abd Haris (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran sejarah di SMAN 10 Medan, yang dilaksanakan di tengah implementasi Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Kurikulum Merdeka menawarkan pendekatan integratif yang mendorong pemahaman nilai-nilai sosial dan sejarah, terdapat tantangan signifikan dalam penerapannya. Guru sejarah di SMAN 10 masih menghadapi masalah dalam menyusun rencana pembelajaran yang menarik, penggunaan bahan ajar yang bervariasi, dan metode pengajaran yang monoton. Kompetensi pedagogik guru dalam memahami karakteristik dan kebutuhan siswa juga teridentifikasi kurang optimal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan pelatihan dan dukungan berkelanjutan bagi guru sangat penting untuk meningkatkan proses pembelajaran sejarah dan mencapai tujuan pendidikan yang efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ph

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah, merupakan media publikasi hasil penelitian guru, dosen dan peneliti bidang Pendidikan Sejarah, Ilmu Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Puteri Hijau terbit per 6 (enam) bulan, Januari dan ...