Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Flash Card Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas ll Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Muhammadiyah 32 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Penelitian ini merukapan penelitian Pre-Eksperimen design dengan menggunakan One Grup Pretest dan Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SD Muhammadiyah dengan sampel kelas II yang didapat dengan menggunakan teknik sample random sampling berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap deskripsi data, uji normalitas dan uji hipotesisi. Hasil uji reliabilitas butir instrument di peroleh data pretest sebesar 0,939 dan posttest 0,788. Dari analisis data di peroleh uji Shapiro wilk dari data pretest 0,171 > 0,05 dan data posttest 0,139 > 0,05. hasil uji T test di peroleh nilai Thitung>Ttabel yaitu 8,600 > 2.068 dengan nilai sig 2 tailed yang di peroleh yaitu 0,001 < 0,025 sehingga di peroleh kesimpulan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak atau dapat di artikan media flashcard berpengaruh terhadap keterampilan membaca peserta didik kelas II SD Muhammadiyah 32 Medan
Copyrights © 2024