MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol. 11 No. 1 (2024): Maret

Konsep Pendidikan Holistik dalam Filsafat Pendidikan Islam: Studi atas Pengembangan Konsep Pendidikan yang Berbasis pada Akal, Hati, dan Fisik

Syahid, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Pendidikan holistik dalam filsafat pendidikan Islam merupakan sebuah pendekatan yang menekankan pada pengembangan seluruh potensi manusia secara seimbang. Konsep ini mencakup pengembangan akal, hati, dan fisik yang dianggap sebagai tiga komponen utama dalam menciptakan individu yang seimbang secara intelektual, spiritual, dan jasmani. Studi ini bertujuan untuk menggali konsep pendidikan holistik dalam filsafat pendidikan Islam, serta menganalisis penerapannya dalam konteks modern. Melalui metode studi kepustakaan, artikel ini menemukan bahwa pendidikan Islam mengintegrasikan seluruh aspek kehidupan untuk mencapai kesempurnaan manusia. Dalam era modern, pendekatan holistik ini menjadi relevan untuk menjawab tantangan sistem pendidikan yang sering kali hanya fokus pada aspek kognitif semata. Artikel ini menyimpulkan bahwa pendidikan holistik yang mencakup akal, hati, dan fisik sangat penting dalam membentuk individu yang seimbang, produktif, dan bermoral.

Copyrights © 2024