MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol. 11 No. 4 (2024): Desember

Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Kelas 5 MI Al-Abror di Mojokerto

Rahaju, Sumartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar Bahasa Inggris peserta didik dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) peserta didik kelas V. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif analitis. Peklaksanaan penelitian di Kelas V MI Al-Abror yang kemampuan peserta didiknya dalam pemahaman materi mata pelajaran Bahasa Inggris cukup rendah. Model pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, dan Model analisis datanya adalah deskriptif untuk data kuantitatif. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu; Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Refleksi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dapat dijabarkan sebagai berikut: untuk data awal rata-rata 59,50, data siklus I terjadi peningkatan yaitu 68,00, dan rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 76,50. Ketuntasan belajar pada data awal 23,33 %, Ketuntasan belajar pada siklus I adalah 66,67%, dan ketuntasan belajar pada silus II mencapai 100%. Jadi, pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Learning tipe STAD pada peserta didik kelas V MI Al Abror semester 1 tahun pelajaran 2023/2024, dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris. Abstract The aim of this research is to improve students' English learning outcomes by implementing the STAD (Student Team Achievement Divisions) Cooperative Learning Model for class V students. This research is a descriptive analytical research type. The research was carried out in Class V MI Al-Abror where the students' ability to understand English subject material was quite low. The data collection model used is a learning outcomes test, and the data analysis model is descriptive for quantitative data. The research procedure used is classroom action research using two cycles where each cycle consists of 4 stages, namely; Planning, Implementation, Observation, and Reflection. The results obtained from this research can be described as follows: for initial data the average was 59.50, for cycle I data there was an increase of 68.00, and the average in cycle II increased to 76.50. Learning completeness in the initial data was 23.33%, learning completeness in cycle I was 66.67%, and learning completeness in cycle II reached 100%. So, implementing English language learning by implementing the STAD type Cooperative Learning Model for students in class V MI Al Abror semester 1 of the 2023/2024 academic year, can improve English learning outcomes.

Copyrights © 2024