Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan hasil kajian terkait Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah terhadap Mutu Pendidikan di MAN 3 Jombang. Data diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta diuji kredibilitasnya. Dalam prosesnya implementasi manajemen berbasis madrasah merupakan sistem pendidikan yang menjadi salah satu model pendidikan yang terbukti efektif dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan. Di Indonesia, sistem ini diidentikkan dengan pesantren yang menekankan pembinaan karakter dan pendidikan agama dalam lingkungan yang terkendali. Sistem pendidikan asrama, khususnya di Indonesia, telah muncul sebagai model yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui fokus pada pembentukan karakter dan pendidikan agama. Peningkatan kualitas dan pengelolaan pendidikan telah menjadi topik penting dalam diskusi kebijakan pendidikan global, terutama di negara-negara berkembang yang menghadapi tantangan besar dalam menciptakan sistem pendidikan yang efektif dan inklusif. Salah satu pendekatan yang mendapat perhatian luas adalah Manajemen Berbasis Madrasah (MBM), sebuah model desentralisasi yang memberikan kewenangan lebih besar kepada sekolah untuk mengelola sumber daya dan proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan lokal. Pendekatan ini menitikberatkan pada otonomi sekolah dalam pengambilan keputusan, pengelolaan kurikulum, serta pengembangan kapasitas guru dan tenaga kependidikan
Copyrights © 2025