Penerapan model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) untuk meningkatkan aqidah siswa melalui pembelajaran kitab Aqidatul Awam di MI Al-Fattah Malang adalah sumber penting yang mengajarkan ajaran tauhid, yang mencakup pengenalan kepada Allah sebagai pencipta dan sifat-sifat-Nya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif di mana peneliti berperan sebagai instrument pertama. Pengumpulan data dilakukan melaluki observasi dan wawancara, serta analisis data bersifat induktif untuk menggambarkan fenomena yang terjadi dilapangan. Peneliti juga menerapkan triangulasi untuk memastikan keabsahan data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran sangatlah berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman aqidah siswa. Siswa menunjukkan peningkatan keyakinan terhadap allah SWT, malaikat, dan rasul, serta aspek-aspek penting lainnya dalam aqidah islam melalui model pembelajaran yang melibatkan pendengaran, penalaran logis, dan pengulangan materi secra rutin terbukti efektif dalam memperdalam pemahaman dan hafalan siswa secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun terdapat tantangan, penerapan model air dalam pembelajran aqidatul awwam dapat meningkatkan aqidah siswa secara signifikan, didukung oleh metode pengajaran yang tepat dan waktu pembelajaran yang cukup.
Copyrights © 2025