MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol. 12 No. 3 (2025): September

Penguatan Kompetensi Pedagogik Guru Pondok Pesantren

Muhammad, Rio Ravi (Unknown)
Sastra, Ahmad (Unknown)
Syafrin, Ulil Amri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2025

Abstract

Pondok Pesantren memiliki fenomena terkait kompetensi guru. Guru pesantren seringkali mengajar hanya untuk menggugurkan kewajibannya saja, kurang menjaga adab sebagai guru, acuh dengan tugas pondok, serta banyak bermain gadget melebihi batas wajar. Guru pesantren merupakan tonggak utama pendidikan pesantren yang menginternalisasikan nilai keislaman dalam setiap mata pelajaran.  Tujuan penelitian ini adalah menghadirkan penguatan kompetensi pedagogik guru sebagai solusi dari permasalahan diatas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, di mana data diperoleh melalui kajian literatur dari berbagai sumber yang membahas tentang pedagogik guru, pondok pesantren dan pendidikan Islam. Penelitian ini menyintesakan UU No 74 Tahun 2008 tentang guru dengan pemikiran Syed Naquib Al-Attas yang dituangkan dalam buku Islam and Secularism. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan kompetensi guru pondok pesantren terdiri dari tujuh penguatan yaitu : penanaman Islamic Worldview, tadabbur tafsir dan hadits pendidikan islam, dasar-dasar psikologi anak, teori belajar dan metode mengajar, deep learning, pembelajaran berbasis TIK, TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge.

Copyrights © 2025