Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Media Kahoot terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Laju Reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, minat belajar dan hubungan minat dengan hasil belajar yang dilakukan di SMA Swasta Dharmawangsa Medan. Desain penelitian ini menggunakan desain kelompok kontrol pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Dharmawangsa Medan dan sampelnya adalah kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Kahoot dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol yang diajar. dengan model Teams Games Tournament (TGT) dibantu kartu yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan instrumen non tes berupa angket minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran TGT berbantuan kartu pada materi laju reaksi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran TGT berbantuan kartu pada materi laju reaksi (75.00 > 70.00). nilai rata-rata minat belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (79 > 74,97). Terdapat korelasi positif antara minat dengan hasil belajar dilihat dari rhitung= 0,744 dengan kategori baik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Kahoot, Kartu, Hasil Belajar, Minat BelajarDOI: 10.23960/jppk.v13.i1.2024.05
Copyrights © 2024