Guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran dituntut untuk menguasai beberapa pendekatan dan model pembelajara supaya proses belajar mampu meningkatkan minat belajar siswa sehingga bisa meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh informasi bahwa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri I Dengkol menunjukkan motivasi belajar yang kurang dan hasil belajar yang masih rendah. maka dalam penelitian ini akan dibahas “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar Negeri I Dengkol Singosari Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengertian Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian yang mengkombinasikan prosedur penelitian dengan tindakan substantif, suatu usaha seseorang untuk memahami apa yang sedang terjadi sambil terlibat dalam sebuah proses perbaikan dan perubahan. Hasil penelitian menunjukanbahwa penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pembelajaraan tipe jigsaw di kelas IV Sekolah Dasar Negeri I Dengkol Singosari Malang menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa. Hal itu terlihat dari peningkatan rata-rata nilai dan ketuntasan belajar pada setiap siklusnya. Dari siklus 1 ke siklus 2, rata-rata meningkat dari 67,79 menjadi 76,25, atau terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar 16,67%.
Copyrights © 2021