Tensile : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 2 No 3 (2024): November 2024

OPTIMALISASI KEMAMPUAN PEMASARAN, PENJUALAN DAN CUSTOMER RELATION DI UMKM NONI-GO 561

Stevanes (Unknown)
Rully Inkiriwang (Unknown)
Lutfi Yulianto (Unknown)
Deni Ismail (Unknown)
Selly Septiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Saat dunia dilanda pandemi COVID-19, tidak terhitung banyaknya UMKM yang merasakan dampak negatif terhadap bisnisnya di karena kan sulitnya pemasaran dan penjualan pada masa Covid-19, banyak usaha kecil dan menengah (UMKM) mengalami penurunan pendapatan atau bahkan gulung tikar. Pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, yang menjadi subjek adalah Usaha Kecil Menengah Pecinta Kesucian Jiwa dengan nama brand Noni-Go 561. Program ini dilaksanakan dengan metode presentasi, pengenalan materi dan diskusi bersama dengan tema "Optimalisasi Kemampuan Pemasaran, Penjualan Dan Customer Relation Di UMKM Noni-Go 561" dan membantu pelaku UKM dengan mengenalkan berbagai metode pemasaran dan juga strategi marketing funnel, serta menerapkan teknologi, digitalisasi serta pengaplikasian artificial intelegent dalam pengelolaan pemasaran bisnis. Kata Kunci: UMKM, Digital Marketing, CRM, Bisnis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

TNSL

Publisher

Subject

Energy Engineering Social Sciences Transportation Other

Description

Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Teknik Mesin merupakan jurnal pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memuat publikasi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat, model atau konsep dan atau implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, ...