JPT : Jurnal Pendidikan Tematik
Vol 3 No 3 (2022): Desember

Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SD Negeri 109 Bengkulu Selatan

Putri Bima, Syavera (Unknown)
Khermarinah (Unknown)
Eka Citra, Desy (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SD Negeri 109 Bengkulu Selatan, 2) faktor pendukung dan penghambat strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SD Negeri 109 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. informan pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan guru SD Negeri 109 Kabupaten Bengkulu Selatan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan konsep Miles dan Huberman, proses analisis data dilakukan secara interaktif dan berlangsung terus menerus sampai tuntas sehingga datanya sudah jenuh. Hasil penelitian menunjukkan 1)Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SD Negeri 109 Bengkulu Selatan adalah melakukan pembinaan guru terkait meningkatkan kualitas diri, melakukan pengarahan dengan mengirimkan link seminar, woekshop, pelatihan, diklat dan lain-lain agar diikuti oleh para guru serta memberikan pendidikan dan pelatihan dengan tujuan agar guru dapat meningkatkan kompetensi, profesional serta kualitas guru. 2) Faktor pendukung strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SD Negeri 1 Bengkulu Selatan adalah sikap disiplin guru dan adanya pemberian mottivasi dengan dengan memberikan wejangan ketika melakukan rapat atau di luar rapat untuk menarik semangat guru serta adanya pemberian penghargaan berupa kesempatan mengikuti pelatihan pelatihan peningkatan kompetensi guru dan memberikan sertifikat atas penghargaan yang diraih. Adapun faktor penghambatnya adalah ketidak pedulian guru terhadap kinerjanya (acuh tak acuh) sehingga perkembangan kompetensi guru terhambat karena enggan untuk mengembangkan potensinya . Kurangnya guru menguasai Ilmu Teknologi (IT), sehingga masih ada beberapa guru yang kesulitan dalam mengoperasikan media teknologi dalam meningkatkan mutu kualitas bahan ajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpt

Publisher

Subject

Religion Chemistry Education Mathematics Other

Description

Focus and Scope JPT primary focus is on current themes within the scope of elementary education. The scope of the manuscripts includes research results, reflections, and critical reviews on: Education policies and regulation Curriculum Learning innovations, including: Study of teaching materials ...