Jurnal Dharma PGSD
Vol 3 No 1 (2025): Juni 2025

ANALISIS UPAYA MENINGKATKAN LITERASI MELALUI KEGIATAN SATU HARI SATU BACAAN PADA SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR

putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2025

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi siswa sekolah dasar, khususnya dalam memahami bacaan, menjadi salah satu tantangan utama dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas kegiatan Satu Hari Satu Bacaan dalam meningkatkan literasi siswa kelas IV dan V di SD Negeri 03 Padang Laweh. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan jumlah subjek sebanyak 21 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes pemahaman bacaan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar siswa dari 61,9% pada siklus I menjadi 85,7% pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa kegiatan Satu Hari Satu Bacaan efektif dalam membangun minat baca dan meningkatkan kemampuan literasi siswa jika dilakukan secara rutin dan terarah dengan pendampingan guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

judha

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Dharma PGSD Mempublikasikan hasil penelitian tentang pendidikan dasar dengan berbagai topik kajian (belajar dan pembelajaran, strategi, model, pendekatan, metode dan teknik pembelajaran, evaluasi pembelajaran, psikologi pembelajaran, dan atau pedagogy, sains, sosial, matematika, ...