CEJou
Vol. 6 No. 1 (2025): Central Journal of Education (CEJou) July

Studi Pendidikan Kewirausahaan Inklusif pada UMKM Disabilitas di Rangkasbitung: Peran Manajemen dan Intervensi Pendidikan

Sudiantini, Dian (Unknown)
Asyifa, Eteh Resa (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran intervensi pendidikan dalam pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang dikelola oleh penyandang disabilitas di Rangkasbitung, Banten. Studi ini melibatkan 120 UMKM disabilitas sebagai responden, dengan data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara mendalam. Intervensi pendidikan yang diimplementasikan meliputi pelatihan kewirausahaan inklusif, literasi digital, dan pendampingan manajemen usaha, yang dirancang secara partisipatif dan disesuaikan dengan kebutuhan penyandang disabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan tersebut secara signifikan meningkatkan pengetahuan bisnis, keterampilan manajerial, dan kepercayaan diri pelaku UMKM disabilitas. Selain itu, literasi digital yang diberikan mendorong pemanfaatan e-commerce dan media sosial untuk memperluas akses pasar dan jaringan usaha. Kendala utama yang diidentifikasi adalah keterbatasan akses modal dan infrastruktur, namun intervensi pendidikan terbukti mampu memperkuat resiliensi dan kemandirian ekonomi peserta. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi pendidikan kewirausahaan inklusif dalam strategi pemberdayaan UMKM disabilitas, serta perlunya dukungan berkelanjutan dari pemerintah dan masyarakat untuk menciptakan ekosistem bisnis yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cejou

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

The focuses of the manuscript received in the CEJou journal is limited to the topic: 1. Physics Education (Media, Educational Policy, Assessment, Learning Model) 2. Biology Education (Media, Educational Policy, Assessment, Learning Model) 3. Mathematics Education (Media, Educational Policy, ...