Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemampuan membuata administrasi guru terhadap kompetensi professional guru, latar belakang pendidikan terhadap kompetensi professional guru, dan pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap kompetensi professional guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Data penelitian dikumpulkan dengan instrument kuisioner dengan metode sampling sensus sebanyak 80 responden. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kemampuan membuat administrasi guru, latar belakang pendidikan, pengembangan keprofesian berkelanjutan, sedangkan variabel dependen adalah kompetensi profesional guru. Pengukuran variabel menggunakan skala Likert yang diisi berdasarkan presepsi guru ASN. Analisa data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Berdasarkan pengujian, terdapat daya dorong yang berarti antara latar belakang pendidikan terhadap kompetensi professional guru, berdampak tinggi dan berarti antara pengembangan keeprofesian berkelanjutan terhadap kompetensi professional guru SDN Sekecamatan Kerumutan.
Copyrights © 2023