Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia
Vol. 1 No. 3 (2022): Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia

Pengaruh program diabetes self manajemen education pada pasien diabetes melitus tipe 2 di indonesia (a: systematic review)

Setiawan, M. Dwi (Unknown)
Susilawati, Susilawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Indonesia termasuk dalam 10 besar negara dengan penderita diabetes terbanyak. Prevalensi diabetes mellitus di Indonesia sekitar 10,7 juta pada tahun 2019. Diabetes melitus (DM) merupakan penyakit kronis yang membutuhkan perawatan jangka panjang sehingga memerlukan manajemen pengelolaan mandiri untuk mencegah terjadinya komplikasi. “Diabetes self managemen education” merupakan elemen yang sangat penting dalam pengelolaan diabetes yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Diabetes Self Management Education (DSME) terhadap peningkatan pengetahuan Diabetes, perilaku kepatuhan diet , kualitas hidup , serta Self care pada penderita Diabetes tipe 2. Metode penelitian yang digunakan ialah Observasional Retrospektif yaitu dalam Systematic Review untuk mensintetis hasil penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif, dengan meta sintesis. Hasil Penelitihan menunjukkan bahwa Hasil uji t dependent didapatkan dimana p value = 0.000 lebih kecil daripada nilai alpha (p < 0,05). Hal ini berarti didapatkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan nilai Self Care  pada pasien Diabetes Mellitus. hasil uji statistik pada kelompok intervensi menunjukkan bahwa Z hitung -3,987 dan p valuue 0,000˂0,05, sehingga hipotesis H0 ditolak Ha diterima yakni terdapat pengaruh pendekatan model Diabetes Self Management Education terhadap kualitas hidup penderita DM Tipe 2. Kesimpulannya yaitu Pengetahuan , Self Care , Kualitas hidup dan Kepatuhan diet secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Program Diabetes Self Manajemen Education.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nautical

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Engineering

Description

1. Humanities and social sciences 2. Contemporary political science 3. Education science 4. Religion and philosophy 5. engineering science 6. Business and economy 7. cooperative 8. technology 9. HR Development 10. Design and media ...