Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 2 No. 3 (2024): PRAXIS

Pendampingan Kelas Ibu Hamil Untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu Hamil Trimester III Di Puskesmas Manding

Kurniyati, Eka Meiri (Unknown)
Gamar, Iva (Unknown)
Permatasari, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan Kesehatan ibu hamil adalah melalui kelas ibu hamil. Adanya perubahan system dalam tubuh ibu yang semuanya membutuhkan suatu adaptasi, baik fisik maupun psikologis sehingga tidak jarang ibu akan mengalami ketidaknyamanan. Pengadaan kelas ibu hamil menjadi sarana penting untuk belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil, dalam bentuk tatap muka dalam kelompok yang salah satu tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terkait kehamilan. Peserta Kelas Ibu Hamil adalah ibu hamil dengan umur kehamilan antara 20 minggu s/d 32 minggu dengan jumlah peserta maksimal 10 orang. Metode Service Learning (SL) dalam pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil terkait ketidaknyamanan pada kehamilan trimester II beserta penanganannya. Hasil dari pengabdian masayarakat ini bahwa pelaksanaan kelas ibu hamil bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan ibu hal ini sesuai dengan tujuan dari dibentuknya kelas ibu hamil yaitu meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan perawatan kehamilan. Kata kunci : Kehamilan, Ketidaknyamanan pada ibu hamil, Kelas ibu hamil

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

praxis

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

The term community service refers to activities that utilize relevant science and technology to advance the welfare of the community and educate the nations life. This journal publishes articles with topics such as theoretical innovations or methods or strategies for implementing community service ...