eProceedings of Management
Vol. 11 No. 1 (2024): Februari 2024

Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Makanan Terhadap Niat Perilaku Pelanggan Online Food Delivery Burger King di Kota Bandung Dengan Kepuasaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening

Astuti, Alfrida Wira Kusuma (Unknown)
Febrianta, Mochamad Yudha (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat, hal ini mendorong kebutuhan seseorang menjadi lebih berkembang. Hal ini mendorong masyarakat Indonesia melakukan transaksi jual beli dengan menggunakan pembelian online. Tidak hanya barang yang masyarakat beli, masyarakan Indonesia mulai menggemari pemesanan makanan dengan layanan Online Food Delivery (OFD) yang dianggap lebih mudah untuk dilakukan. Adanya hal tersebut membuat perusahaan harus memikirkan kualitas pelayanan dan kualitas makanan yang akan berpengaruh terhadap niat perilaku pelanggan serta kepuasan pelanggan. Terdapat permasalahan terkait kualitas layanan dan kualitas makanan yang dialami konsumen online food delivery Burger King yang akan mempengaruhi kepuasan pelanggan dan niat perilaku pelanggan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 400 orang pengguna layanan online food delivery pada Aplikasi Burger King di Kota Bandung. Data dikumpulkan melalui Google Forms. Penelitian dilaksanakan dengan metode kuantitatif deskriptif yang mana menggunakan uji analisis SEM-PLS dengan menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya variabel perceived control, convenience, customer service, fulfillment, serta kualitas makanan memiliki pengaruh yang sifatnya positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku. Kata Kunci-kualitas layanan, kualitas makanan, kepuasaan pelanggan, niat perilaku

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...