eProceedings of Management
Vol. 11 No. 2 (2024): April 2024

Pengaruh Co-Branding Terhadap Brand Image Aplikasi Social Game Zepeto Di Indonesia

Agnes, Mutiara (Unknown)
Wahyuni, Itca Istia (Unknown)
Husain, A. Hasan Al (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Tren teknologi Metaverse menciptakan ragam pemanfaatan di berbagai bidang sebagai salah satu terobosan digital,diantaranya adalah bidang game online. ZEPETO merupakan aplikasi game sekaligus jejaring sosial dengan tampilanMetaverse yang berasal dari Korea Selatan. Pada tahun 2021-2022, terdapat banyak keluhan dari para penggunamengenai banyaknya efek glitch dan bug yang diciptakan oleh para creator items pada aplikasi tersebut. Pengambilansampel menggunakan total sampling yang mengikut sertakan seluruh populasi untuk dijadikan sampel. Teknik analisisdata yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linear sederhana. Penelitian ini memiliki persamaan regresilinear sederhana Y9=5.146+0.687X. Hasil analisis korelasi yang dihasilkan adalah 0.914. Penelitian ini terbukti H0ditolak dan H1 diterima dikarenakan nilai thitung > ttabel, yaitu 4.069 > 1.65685 yang memiliki arti bahwa terdapatpengaruh Co-Branding BLACKPINK terhadap Brand Image aplikasi social game ZEPETO. Adapun pengaruh yangdiciptakan oleh variabel Co-Branding ZEPETO-BLACKPINK terhadap variabel Brand Image Aplikasi ZEPETOadalah sebesar 74,6%, sedangkan sisanya 25,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Kata Kunci-co-branding, brand image, Metaverse, ZEPETO, BLACKPINK

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...