Perkembangan pesat dalam dunia bisnis dan persaingan yang semakin ketat mendorong banyak perusahaan untukmelakukan strategi rebranding sebagai upaya untuk memperkuat identitas merek mereka. PT Len Industri, sebuahperusahaan BUMN juga mengadopsi strategi ini dengan mengubah logo perusahaan mereka. Penelitian ini membahasStrategi rebranding PT Len Industri sebagai induk holding pertahanan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui strategi PT Len Industri dalam melakukan rebranding perusahaan. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif dengan metode deskriptif serta pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknikwawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan strategi public relation menurut Cutlip Centerdan Broom (2009) yakni fact finding, planning, communication, dan evaluation. Berdasarakan hasil penelitian, tahapfact finding terdapat fakta bahwa rebranding terjadi karena adanya perubahan pada strategi perusahaan, planningdiwujudkan melalui empat elemen utama rebranding yaitu repositioning, renaming, redesigning, dan relaunching,kemudian communication adalah tahapan mengimplementasikan proses rebranding, dan evaluation menjadi patokankeberhasilan dari strategi yang telah diimplementasikan. Kata kunci-rebranding, strategi public relation
Copyrights © 2024