eProceedings of Management
Vol. 11 No. 2 (2024): April 2024

Penerapan Strategi Pemasaran Digital Pada UMKM Di Kabupaten Bandung (Studi Kasus Loka UKM Startup)

Pratama, Muhammad Nanda (Unknown)
Utami, Fitriani Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi kontributor utama PDB di Indonesia, meskipun memberikankontribusi signifikan terhadap Produk Domestik Bruto, UMKM masih menghadapi tantangan dalam mengadopsiteknologi dan memahami pemasaran digital. Pada Tugas Akhir ini berisi hasil observasi dan implementasi beberapaUMKM yang menjadi klien Loka UKM yang penulis tangani, dari UMKM tersebut diawali dengan analisapermasalahan seperti yang dialami UMKM Feelsbox yang membutuhkan layanan Manajemen Sosial Media,Kemudian UMKM Smartbag yang menggunakan layanan Iklan digital. UMKM tersebut memiliki tujuan untukmeningkatkan eksistensi digital bisnis mereka. Loka UKM, sebagai Digital Marketing Agency dan IT enabler, hadirsebagai solusi untuk membantu UMKM mengatasi kendala tersebut. Melalui layanan pemasaran digital dan pelatihanyang komprehensif, Loka UKM mendukung UMKM dalam meningkatkan daya saing, efisiensi operasional, danmengakses pasar digital yang berkembang. Dukungan ini krusial mengingat minimnya akses pelatihan danpengetahuan di kalangan UMKM. Loka UKM berperan sebagai mitra strategis dalam mengarahkan UMKM menujudigitalisasi penuh, memastikan keterlibatan optimal di era distrupsi digital aehingga dengan adanya Loka UKM,diharapkan UMKM dapat terus berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Kata Kunci-UMKM, Loka UKM, pemasaran digital, startup, operasional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

management

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian management. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...