Pandemi covid-19 menjadi perubahan yang signifikan terhadap proses pembelajaran di Sekolah Dasar. Hal ini berdampak pada orang tua untuk dapat aktif dalam melibatkan diri selama proses pembelajaran anak di rumah yang berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemitraan orang tua dan sekolah dalam proses pembelajaran di rumah selama pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di SD Muhammadiyah Kadisoka. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru berjumlah 3 orang. Teknik pengambilan data dengan menggunakan wawancara terstruktur. Analisis data menggunakan model studi kasus Miles & Huberman dengan bantuan software Atlas.ti versi 8. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat tujuh poin penting dalam kemitraan, yaitu (1) interaksi; (2) motivasi; (3) metode; (4) media; (5) prestasi; (6) pendampingan; (7) sikap; dan (8) komunikasi.
Copyrights © 2021