IQRO: Journal of Islamic Education
Vol. 8 No. 2 (2025): AGUSTUS 2025

Strategi Penguatan Literasi Membaca Konten Aqidah Akhlak Melalui Media Kartu di Madrasah Ibtidaiyah

Syarifuddin Pakanna (Unknown)
Sukirman (Unknown)
Hisban Thaha (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2025

Abstract

Rendahnya minat baca siswa terhadap konten Pendidikan Agama Islam khususnya mata pelajaran Aqidah Akhlak menjadi tantangan signifikan di tingkat pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi penguatan literasi membaca konten Aqidah Akhlak melalui media kartu dan dampaknya terhadap pembelajaran siswa di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah II Tana Toraja. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan field research digunakan dengan subjek penelitian kepala madrasah, guru Aqidah Akhlak, guru kelas, dan siswa kelas IV yang dipilih menggunakan teknik snowball sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman dengan triangulasi untuk validitas data. Hasil penelitian menunjukkan strategi pembelajaran meliputi penggunaan kartu bergambar, pembelajaran kelompok kecil, dan permainan edukatif berbasis kartu. Dampak positif meliputi peningkatan partisipasi siswa, pemahaman konsep, perubahan sikap positif terhadap pembelajaran, dan perkembangan kebiasaan membaca. Media kartu terbukti efektif mengubah materi abstrak menjadi konkret dan menciptakan lingkungan belajar interaktif. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan pendekatan komparatif dan studi longitudinal untuk mengukur dampak jangka panjang pada skala lebih luas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

IQRO: Journal of Islamic Education is a peer-reviewed scholarly online journal. The IQRO is published twice in July and December. IQRO welcomes every paper on Islamic education and applications in the domain of islamic education: original theoretical work, literature review, research reports, ...