Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana penggunaan media audio visual pada pembelajaran PKn dalam materi nilai-nilai pancasila dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian ini digunakan adalah studi kasus dengan 3 tahapan yaitu; mengamati persiapan guru kelas V dalam penggunaan media audio visual, pelaksanaan penggunaan media audio visual yang dilakukan guru dan hasil keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V dalam penggunaan media audio visual. Adapun subjek penelitian ini berupa 23 siswa kelas V MI Al Ikhlas Cipadu. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi selama penelitian berlangsung. Penggunaan media audio visual yang dilakukan guru kelas V MI Al Ikhlas Cipadu sudah baik dan hasil berpikir kreatif siswa kelas V bahwa dari 23 siswa mencapai berpikir kreatif yang meliputi indikator keterampilan berpikir kreatif yaitu kelancaran (90%), keluwesan (94%), originalitas (91%) dan elaborasi (91%).
Copyrights © 2023