MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 8 No. 1 (2025)

Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif Melalui Metode Role Playing dalam Kegiatan Pasar Baca

Hermawan, David (Unknown)
Ahmala, Majidatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2025

Abstract

Rendahnya tingkat kemampuan membaca anak kelas 3 MIS Tanjungsari disebabkan oleh banyak faktor diantaranya adalah kurangnya minat anak dalam membaca, sedikitnya jumlah bacaan yang sering dijumpai oleh anak, kurangnya perhatian dari orang tua dan guru terhadap kemampuan membaca anak, ketidakmampuan guru dalam menerapkan metode dan media belajar membaca yang tepat, serta pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang masih bersifat monoton dan membosankan bagi siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari 21 siswa yang ada hanya 7 siswa saja yang benar-benar sudah pandai dan lancar dalam membaca, sedangkan 14 diantaranya masih belum terlalu pandai dan lancar dalam membaca. Oleh sebab itu, peneliti melaksanakan metode role playing dengan kegiatan pasar baca untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan metode role playing melalui kegiatan pasar baca ini dapat meningkatkan semangat dan antusias anak dalam belajar membaca, meningkatkan rasa kekeluargaan dan solidaritas antar teman, meningkatkan kemampuan membaca anak, serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak dalam mengolah dan merangkai huruf maupun kata.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

madrosatuna

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal MADROSATUNA adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel asli tentang pengetahuan terbaru, penelitian, atau penelitian dan pengembangan terapan lainnya di bidang pendidikan guru madrasah ibtidaiyah. Sejak 2018 jurnal ini telah diterbitkan secara teratur dua kali setahun (Juli dan Desember). ...