Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di kelas yaitu kurangnya pengimplementasian media saat proses pembelajaran Matematka. Oleh karena itu, peserta didik menjadi kurang berminat terhadap pembelajaran matematika khususnya pada materi bangun ruang karena peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi dan dalam menentukan rumus yang harusnya digunakan untuk menyelesaikan soal. Selainitu, peserta didik kesulitan membedakan antara jaring-jaring, sisi, dan titik sudut. Peneliti berharap dengan adanya pengembangan media smart circle math and 3d geometry ini dapat dijadikan sebagai salah satu solusi permasalahan yang terjadi di kelas VI MI MuqaddimatulAkhlaq Silo Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang mencakup 5 tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. dengan uji coba skala kecil pada 5 peserta didik dan skala besar pada 14 peserta didik.
Copyrights © 2025